Tips Memilih Jasa Google Ads untuk UMKM

Tips Memilih Jasa Google Ads untuk UMKM

Kalau kamu pernah mencari sebuah produk atau layanan lewat Google, kamu pasti pernah berinteraksi dengan Google Ads. Ada jutaan perusahaan di dunia termasuk UMKM yang beriklan dengan Google dan menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. Dengan peluang yang menjanjikan, tak heran jika banyak pengusaha mikro, kecil dan menengah yang mencari tips memilih jasa Google Ads untuk UMKM.

 

Seberapa efektif sebenarnya penggunaan Google Ads bagi pelaku UMKM? Bagaimana tips memilih jasa Google Ads untuk UMKM? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

 

Apa Saja Manfaat Google Ads untuk Pelaku UMKM?

Banyak orang yang menganggap bahwa Google Ads hanya untuk perusahaan besar. Padahal dengan Google Ads, UMKM bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pelaku UMKM lewat Google Ads antara lain adalah:

  • Memudahkan audiens untuk menemukan bisnis kamu. Tidak lagi terhalang oleh batas-batas geografis, kamu bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja di dunia ini
  • Memudahkan kamu menjangkau pelanggan lokal. Punya bisnis yang menargetkan audiens lokal? Google Ads bisa membantu kamu membuat iklan yang tertarget dan tepat sasaran
  • Memungkinkan kamu membuat kampanye yang terukur. Dengan dana terbatas, kamu bisa merancang kampanye yang paling efektif agar hasilnya maksimal
  • Google Ads sangat fleksibel. Kamu bisa mengatur bujet iklan sesuai kemampuan. Kamu juga bisa memulai iklan dan menghentikannya kapan saja.

 

Bagaimana Memilih Jasa Google Ads yang Tepat untuk UMKM?

Perusahaan besar mungkin sudah memiliki tim sendiri yang khusus mengerjakan iklan termasuk Google Ads. Namun pelaku UMKM umumnya tidak punya cukup sumber daya. Karena itu, sebagai pelaku UMKM, kamu membutuhkan bantuan dari penyedia jasa untuk mengatur Google Ads bagi bisnis kamu. Simak tips memilih jasa Google Ads untuk UMKM berikut ini!

 

Temukan Penyedia Jasa yang Sudah Tersertifikasi Google Partner

Ada banyak sekali penyedia jasa Google Ads yang bisa kamu temukan di internet. Namun salah satu kriteria penting saat memilih adalah mencari perusahaan yang tersertifikasi Google Partner. Sertifikasi Google Partner menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sudah mendapatkan mentoring dan rangkaian pelatihan dari Google langsung. Ini menjamin layanan yang mereka berikan adalah yang terbaik dan sudah sesuai standar Google Ads.

 

Lihat Portofolio

Agensi yang memiliki jam terbang tinggi dalam mengurus Google Ads klien tentu sudah memiliki portofolio yang banyak. Rekam jejak ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana kinerja Google Ads yang mereka tawarkan kepada klien mereka sebelumnya. Jika ingin memastikan, kamu juga bisa melakukan verifikasi langsung pada perusahaan terkait untuk memastikan bahwa performa agensi tersebut memang mumpuni untuk mengurus Google Ads bisnis kamu.

 

Temukan Agensi yang Memberikan Pilihan Anggaran Fleksibel

Beberapa agensi periklanan yang menyediakan jasa Google Ads mewajibkan kliennya untuk memberikan deposit yang besar. Bagi para pengusaha kecil, ini tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi jika anggaran untuk beriklan yang kamu miliki terbatas.

 

Karena itu, temukan penyedia layanan Google Ads dengan bujet yang fleksibel. Artinya, kamu bisa menyesuaikan lagi biaya iklan dan layanan mereka sesuai dengan kemampuan keuangan kamu saat ini.

 

Laporan Rutin yang Detail

Ketika kamu sudah memasang iklan dengan Google Ads, kamu tentu membutuhkan laporan yang jelas, transparan dan rutin. Tujuannya tentu saja agar kamu bisa mengevaluasi seberapa sukses kampanye yang sudah dirancang. Adanya laporan ini juga memungkinkan kamu menentukan langkah lanjutan untuk meneruskan atau mengubah strategi iklan yang ada.

 

Apabila penyedia jasa iklan tidak menjanjikan laporan rutin yang detail, ada baiknya Anda mencari agensi yang lain. Pasalnya, tanpa adanya laporan maka kamu tidak akan tahu efektivitas iklan yang sudah dibuat.

 

Ada Garansi Bahwa Iklan Pasti Ditayangkan

Tips memilih jasa Google Ads untuk UMKM yang terakhir adalah memastikan bahwa iklan kamu memang ditayangkan di Google Network. Tidak hanya muncul pada halaman pencarian, iklan juga harus muncul di Youtube dan berbagai platform lainya.

 

Kamu bisa mendapatkan informasi ini dengan menggunakan tracker yang dipasang pada situs yang kamu iklankan. Dari pelacak ini, kamu bisa melihat dengan detail kunjungan serta dari mana saja traffic berasal.

 

Di tengah digitalisasi yang semakin pesat, pelaku UMKM harus lebih bijak dalam memasarkan produknya. Selain dengan membuat situs sendiri dan berpromosi lewat media sosial, memasang iklan di Google adalah cara yang ampung untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan beberapa tips memilih jasa Google Ads untuk UMKM di atas, Anda bisa menemukan agensi terbaik untuk hasil iklan yang optimal.