Jenis-jenis Google Ads Mana yang Cocok Untuk Bisnis Kamu

Setiap pelaku bisnis pasti menginginkan usahanya bisa berkembang dan maju layaknya seperti perusahaan besar yang kita kenal saat ini. Berbagai strategi dilakukan untuk bisa mendobrak pertumbuhan bisnis agar bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki nama besar.

Strategi yang dilakukan pun bermacam-macam, mulai dari mengubah konsep segi pelayanan, harga dan lain sebagainya. Bahkan dengan perkembangan teknologi saat ini banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan jasa influencer maupun media periklanan di internet untuk menjangkau dan memperkenalkan bisnis lebih luas.

Nah, salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis saat ini adalah layanan promosi online yang disediakan oleh Google. Keakuratan iklan Google Ads untuk menjangkau dan mendatangkan calon konsumen serta fleksibilitas biaya yang diberikan menjadikan Google sebagai media promosi online yang paling banyak digunakan.

Menariknya lagi, ada beberapa jenis iklan disediakan oleh Google yang bisa kamu gunakan, mulai dari Google search Ads, Display Ads, Shopping Ads, Video Campaign dan App Ads. Sebagai pebisnis kamu tentu harus paham pengertian dari kelima jenis iklan tersebut agar mengetahui jenis iklan mana yang cocok untuk bisnis kamu.

Jenis-Jenis iklan Google Ads Cek Mana yang Cocok Untuk Bisnis Kamu

Google Search Ads

Jenis iklan ini ditampilkan di dalam mesin pencari ketika audience mengetik kata kunci yang relevan dengan iklan Google Ads kamu. Misa jika bisnis yang diiklankan bergerak di jasa perawatan AC Mobil, kemudian audience mengetik kata kata kunci tersebut maka mesin pencari akan memprioritaskan beberapa situs bengkel AC Mobil yang menggunakan Google Search Ads termasuk iklan kamu.

Slogan tanya mbah Google diberikan bukan tanpa alasan, hal ini erat kaitannya karena hampir seluruh informasi yang ingin kamu lihat atau pelajari pasti ada di situs Google. Nah, dengan banyaknya audience yang menggunakan mesin pencari, menjadikan Google Search Ads salah satu jenis iklan yang cocok kamu gunakan.

Display Ads

Hampir seluruh pengguna internet pasti pernah membaca sebuah artikel atau blog yang disuguhkan di dalam mesin pencari Google. Nah, coba perhatikan jika situs blog yang kamu buka merupakan terbitan dari media besar, kamu pasti melihat banyak iklan berupa gambar bertebaran di sekitar blog yang bisa kamu skip.

Gambar-gambar tersebut adalah iklan Display Ads, jenis iklan ini sangat bagus untuk meningkat brand awareness bisnis karena akan banyak audience yang melihat iklan kamu meski tidak menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis.

Shopping Ads

Jika website bisnis kamu menyediakan produk yang ingin dijual kepada konsumen, jenis iklan Shopping Ads sangat rekomendasi sekali digunakan untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan traffic bisnis.

Tingkat keberhasilan Shopping Ads ditentukan dari kualitas gambar produk yang kamu tampilkan serta seberapa relevan produk kamu dicari oleh konsumen. Jika produk yang kamu tawarkan merupakan kebutuhan yang banyak dicari, tentu konsumen akan melirik iklan Shopping Ads kamu.

Video Campaign Ads

Sesuai dengan namanya jenis iklan ini menampilkan sebuah video singkat yang menginformasikan layanan atau produk dari bisnis. Video campaign ads juga memiliki beberapa tipe ada skippable in-Stream Ads artinya bisa di skip oleh audience, Discovery Ads muncul di halaman pencarian dan Non video Ads berupa format teks atau gambar.

Banyak yang beranggapan bahwa iklan jenis video lebih edukatif dan informatif sehingga jenis iklan ini sangat cocok untuk berbagai tujuan. Mulai dari meningkatkan branding bisnis, product consideration, traffic website hingga leads.

Google App Ads

Jenis iklan Google Ads yang terakhir adalah App Ads, sebuah layanan yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan aplikasi. Perlu diketahui, aplikasi sekarang banyak diluncurkan oleh perusahaan guna memudahkan pelayanan mereka kepada seluruh konsumen.

Jadi jika kamu baru saja meluncurkan sebuah aplikasi, untuk bisa menjangkau user yang relevan dengan aplikasi, kamu bisa mempromosikannya di Google App Ads, salah satu jenis iklan yang disediakan Google.

Hmm, itulah jenis-jenis iklan yang disediakan oleh Google. Kira-kira bisnis kamu cocoknya menggunakan jenis iklan yang mana? Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara meningkatkan opportunity dan traffic bisnis kamu bisa mempromosikan bisnis tersebut lewat beberapa jenis iklan Google Ads yang disebutkan diatas.