Yuk Tentukan Marketing Budget Sebelum Beriklan dengan Cara Ini

Bisnis dan marketing memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dalam sebuah perusahaan atau saat Anda akan menjalankan sebuah bisnis, Kegiatan marketing ini menjadi salah satu aktivitas penting dalam bisnis. Tanpa adanya marketing ini, maka Anda tidak bisa melakukan penjualan dengan maksimal. Sehingga hasil yang didapatkan pun tidak maksimal.

Sebelum memulai sebuah bisnis, jangan lewatkan hal penting yaitu marketing budget. Apa sih marketing budget?

Marketing budget merupakan rincian anggaran keseluruhan yang dialokasikan untuk aktivitas pemasaran dari bisnis Anda. Budget marketing setiap bisnis pasti berbeda beda tergantung dari banyak faktor, salah satunya iklan. Sebuah bisnis tentu perlu adanya promosi atau iklan. Cara beriklan pun beragam, ada penyelenggaraan event offline dan online, digital marketing, digital ads, pembuatan konten marketing, optimasi SEO, dan lainnya.

Lalu bagaimana cara menentukan budget marketing untuk mengiklankan bisnis Anda ya? Jangan khawatir, ini dia jawaban yang Anda cari.

Ketahui Prioritas Bisnis Anda

Sebelum mulai mengatur marketing budget, Anda terlabih dahulu harus mengetahui seluruh pengeluaran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika Anda baru saja merintis usaha, maka Anda bisa memprioritaskan anggaran tersebut pada kegiatan marketing. Untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk Anda. Selanjutnya Anda bisa cari tahu berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk biaya operasional, personel, peralatan, dan lainnya. Umumnya untuk bisnis kecil dan menengah, Anda perlu menyisihkan sekitar 5% sampai 10% dari pendapatannya untuk kegiatan marketing.

Perlu Anda tau, bahwa setiap kegiatan marketing yang Anda lakukan haruslah bisa diukur tingkat kesuksesannya untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan anggaran marketing Anda.

Tentukan Strategi Marketing

Setelah mengetahui prioritas bisnis Anda, selanjutnya Anda perlu menentukan strategi untuk bisa mencapai target tersebut. Misalnya, jika target Anda adalah brand awareness, maka Anda bisa menggunakan strategi content marketing dengan membuat akun sosial media dan halaman blog di website bisnis Anda.

Anda juga bisa memasang iklan, baik online maupun offline di media yang ditentukan lebih bisa menarik banyak pelanggan untuk bisnis Anda. Buatlah strategi marketing yang cermat, karena ini akan menentukan seberapa besar budget marketing yang bisnis Anda butuhkan kedepannya, serta agar budget terpakai dengan efektif dan tepat sasaran.

Buat Rincian Estimasi Biaya

Hal terakhir yaitu buatlah rincian estimasi biaya bisnis Anda. Setelah mengetahui  gambaran biaya yang Anda butuhkan. Rinci estimasi biaya-biaya tersebut sesuai dengan strategi marketing yang sudah Anda rencanakan. Barulah Anda mendapatkan budget marketing yang sesuai untuk bisnis Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan rincian budget tersebut dengan kemampuan keuangan bisnis Anda. Jika keuangan terbatas, Anda bisa memangkas atau menghilangka beberapa biaya marketing yang menurut Anda paling tidak mendesak.

Jika budget marketing untuk iklan sudah dibuat, Anda bisa menggunakan jasa profesional Digital Marketing untuk membantu mengiklankan bisnis Anda seperti Lopokopi. Lopokopi akan memastikan bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.